Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagian-bagian Alat Berat Tower Crane dan Fungsinya

Bagian-bagian Tower Crane dan Fungsinya. Crane sering digunakan dalam proyek konstruksi. Terlebih lagi pada konstruksi besar, seperti pembangunan bangunan-bangunan tinggi. Selain itu juga crane dapat kita jumpai di pelabuhan, perbengkelan, industry dan pergudangan. Untuk lebih jelas mengenai pengertian crane dan fungsinya anda dapat melihatnya disini.

Dengan fungsinya yang sangat penting, crane memiliki bagian-bagian. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling berkaitan. Berikut dibawah ini adalah bagian-bagian dari tower crane dan fungsinya.

Bagian-bagian alat berat tower crane dan fungsinya
image:au.morrow.com

Bagian utama tower crane terdiri dari 3 yaitu:

1. Pondasi
Pondasi crane
photo:hansenkammer.wordpress.com
Pondasi pada tower crane berfungsi menahan tower crane agar tidak jatuh dan juga berfungsi meneruskan beban dari tower crane ke tanah yang keras. Pada bagian inilah kaki tower crane dibaut pada pondasi beton yang masif dan besar.

2. Tiang/standard section
Tiang/standard section crane
photo:indonesian.alibaba.com
Tiang pada tower crane merupakan bagian vertical yang bias terus bertambah tinggi seiring dengan kebutuhan proyek. Selain itu pada tiang terdapat tangga vertikal yang dibagi per section yang nantinya akan digunakan oleh operator untuk naik ke atas.

3. Unit yang berputar

Unit berputar terdiri dari 3 bagian yaitu:

a. Horizontal jib
Horizontal jib crane
photo:www.morrow.com
Horizontal jib biasa disebut juga sebagai hoisting jib atau working jib merupakan bagian horizontal dari sebuah tower crane yang panjang dan berfungsi sebagai bagian pengangkat beban.

b. Machinery jib
Machinery jib crane
photo:hansenkammer.wordpress.com
Machinery jib atau biasa disebut juga counter balance jib yang berfungsi sebagai counter balance. Pada bagian inilah terdapat motor penggerak tower crane, alat elektronik dan sebuah beton masif.

c. Operator’s cab
crane Operator’s cab
www.towercrane.com
bagian ini merupakan sebuah tempat operator melakukan tugasnya. Cab ini haruslah memiliki jendela besar untuk memastikan operator memiliki pandangan penuh terhadap lokasi konstruksi. Mengingat letaknya yang tinggi, cab ini juga sebaiknya dilengkapi dengan AC dan perlengkapan lainnya

itulah bagian-bagian dari crane dan fungsinya. Semoga bermanfaat

Sumber referensi:
https://hansenkammer.wordpress.com/tag/cara-kerja-tower-crane/ 

1 comment for "Bagian-bagian Alat Berat Tower Crane dan Fungsinya"