Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mobil Crane - Jenis dan Bagian-Bagiannya

Mobile crane atau biasa disebut juga derek bergerak adalah salah satu alat yang berfungsi untuk mengangkat atau menurunkan material dengan beban berat dan memindahkannya secara horizontal. Mobil crane memiliki crane yang terdapat langsung pada mobil (truck) sehingga dapat dibawah langsung pada lokasi kerja tanpa harus menggunakan kendaraan (Trailer). Crane tipe ini memiliki kaki yang dapat dipasangkan saat ingin dioperasikan sehingga crane menjadi kokoh dan seimbang.

Saat ini penggunaan mobile crane sangat efektif bagi perusahaan konstruksi karena prinsip dasar alat gerak yang dapat memudahkan proses perpindahan material dengan jarak pendek serta juga dapat menjadi komponen pendukung dalam membuat tower crane atau derek jangkung. Jenis derek ini juga dinilai efisien dikarenakan tidak memerlukan terlalu banyak biaya untuk tambahan alat khusus.

Mobile Crane dilengkapi dengan beragai peralatan untuk memudahkan pekerjaan atau pergerakan dari crane tersebut. Crane biasanya digunakan pada industri transportasi untuk memuat atau membongkar muatan barang, peti kemas dan lain sebagainya. Pada industri konstruksi bangunan digunakan untuk memindahkan material bangunan atau memasang peralatan berat diatas ketinggian tertentu.

Bagian-bagian Mobile Crane

Bagian mobile crane dibagi menjadi dua, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Kedua bagian dihubungkan oleh turntable atau lempeng putar yang dapat membuat alat ini bergerak secara vertikal. 

- Bagian Bawah

Bagian bawah terdapat tiang utama yang ditopang oleh bagian lempeng dasar dengan spesifikasi kuat dan berat. Hal tersebut bertujuan untuk membantu menyeimbangkan dengan beban yang diangkat. 

- Bagian Atas

Di bagian atas tiang derek, terdapat roda gigi dan motor penggerak terletak di unit slewing yang memungkinkan derek untuk berputar. Unit slewing juga terdiri dari jib (derek lengan horisontal) yang menggunakan troli untuk membantu mengangkut beban. Terdapat juga motor penggerak derek terletak di lengan mesin yang lebih pendek. Sistem katrol yang digunakan sebagai prinsip dasar derek bergerak dapat membantu mengangkat beban berat dengan tekanan yang minimal.

Kelebihan Truck Dan Mobil Crane

Mobil dan truck crane memiliki kelebihan dari jenis crane-crane lainnya yang antara lain adalah:

1. Mobil dan truck crane dapat berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat dan pada jarak yang cukup jauh.

2. Mobil dan truck crane yang menggunakan lengan (boom) jenis teleskopik, dapat dipanjang atau dipendekkan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan sehingga lebih efektif.

3. Mobil crane ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan truck crane, sehingga dapat menjangkau tempat-tempat yang relatif lebih sempit.

4. Mobil crane hanya memiliki satu kabin operator, sedangkan truck crane memiliki dua kabin operator.

Jenis-Jenis Mobile Crane

Secara umum, mobile crane terbagi atas lima jenis. Berikut jenis jenis mobile Crane

Mobile Crane Hydraulic

Mobile Crane Hydraulic


Derek ini menggunakan sistem internal hidrolik dan memungkinkan untuk mengangkut beban yang lebih berat. Biasanya, jenis derek ini digunakan untuk memindahkan trailer traktor atau peti kemas dengan beban yang berat. Derek ini bekerja dengan memanfaatkan kekuatan yang diberikan cairan di bawah tekanan. Cairan ini biasanya berbentuk oli ringan atau air.

All-terrain Mobile Crane

All-terrain Mobile Crane


Jenis mobile crane ini dirancang untuk beroperasi dalam berbagai situasi dan kondisi tempat serta cuaca. Derek jenis ini dapat bergerak dengan mudah melalui permukaan pasir maupun bebatuan sama seperti permukaan aspal dan jalan raya. Jenis ini dapat mengangkat variasi beban dari 40 hingga 1000 ton dan dapat mencapai ketinggian hingga 500 kaki.

Mobile crane Rough-terrain

Mobile crane Rough-terrain

Jenis derek ini digunakan untuk mengakses dan melakukan pemindahan di area pengangkatan yang terbatas. Jenis ini dapat menjangkau area tanah yang tidak rata dan di medan sulit. Penopang berfungsi sebagai stabilisator pada saat pengangkatan material. Hydraulic boom and hoist yang diterapkan pada alat ini juga memungkinkan untuk mengangkat beban berat ke ketinggian yang luar biasa.

Crawler

Crawler

Jenis crawler dilengkapi dengan roda rantai pada bagian undercarriage yang berfungsi sebagai stabilisator dan mobilisator. Jenis ini biasanya digunakan untuk kepentingan konstruksi bangunan. Crane ini juga tersedia dalam berbagai kapasitas pengangkatan termasuk konstruksi pondasi bangunan dengan kategori berat.

Carry-deck

Carry-deck

Jenis carry-deck adalah derek kecil dengan empat roda dian dilengkapi dengan rotating boom yang mampu berputar 360 derajat. Terdapat pelat geladak datar diatas roda yang ideal digunakan untuk memindahkan material. Jenis ini dapat menjadi opsi utama untuk berbagai macam pekerjaan. Derek ini dilengkapi dengan kontrol hydraulic penuh untuk pengoperasian yang mulus dan akurat.

Referensi:

http://kmmigroup.com/WEB001/index.php/id/jasa-layanan-kami/training-dan-sertifikasi-operator-alat-alat-berat/109-learning/371-mesin-alat-berat-mobil-crane.html

https://www.situstekniksipil.com/2018/03/pengertian-dan-jenis-jenis-mobile-crane.html

https://wira.co.id/mobile-crane/

Post a Comment for "Mobil Crane - Jenis dan Bagian-Bagiannya"